nusakini.com-Jakarta-Timnas Vietnam akan mengirimkan pemain U-21 di Piala AFF U-23 2021 yang akan digelar di Kamboja pada Februari mendatang.

Bong Da menyebut, keputusan itu diambil karena banyak klub-klub Vietnam enggan melepas pemainnya untuk bersiap mengarungi kompetisi V League.

Pemain bintang U-23 seperti Bui Hoang Viet Anh, Nguyen Thanh Binh, dan Nguyen Hai Long dipastikan bakal absen. HAGL, pemimpin klasemen Liga Vietnam 2021 hanya mengirimkan satu pemainnya, Tran Bao Tan.

Kendati demikian, daftar timnas Vietnam di Piala AFF U-23 masih menyisakan sederet pemain bintang muda seperti Y Eli Niê, Dung Quang Nho, dan Mai Xuan Quyet.

Selain itu, salah satu sosok yang menjadi sorotan adalah pemain Nutifood berusia 18 tahun yang baru saja memenangkan kejuaraan U-21, Nguyen Quoc Viet.

Quoc Viet disebut-sebut sebagai calon bintang masa depan Vietnam setelah sukses menyandang pencetak gol terbanyak di kejuaraan nasional U-17 2020, U-19 2021, dan baru-baru ini di level U-21.

Vietnam U-23 akan berlatih di Hanoi hingga berangkat ke Kamboja untuk mengikuti turnamen U-23 antarnegara ASEAN.

Pada Piala AFF U-23 2022, Vietnam tergabung di Grup C bersama Thailand dan Singapura. Sementara Grup B dihuni tuan rumah Kamboja, Timor Leste, Filipina, dan Brunei Darussalam. Adapun Indonesia berada di Grup B bersama Malaysia, Myanmar, dan Laos.

Tiga tim yang berhasil menjadi juara grup ditambah satu runner up terbaik berhak lolos ke semifinal.

Bagi Vietnam, turnamen ini dianggap sebagai persiapan tim jelang SEA Games 2023 yang akan berlangsung pada Mei mendatang. Sementara Indonesia diprediksi masih akan menggunakan sebagian pemain yang tampil di Piala AFF 2020 (2021) untuk terjun ke Piala AFF U-23.(cnn)